• mereka memprotes "berdampingan dengan orang-orang mereka".

     Palestina  telah dibunuh oleh pasukan Israel selama protes baru di perbatasan judi mix parlay Gaza dengan Israel, pejabat kementerian kesehatan Palestina mengatakan.

     

    Militer Israel mengatakan pasukan telah melepaskan tembakan ketika orang berusaha melanggar pagar di perbatasan.

     

    Para pengunjuk rasa menuntut agar para pengungsi diizinkan kembali ke tanah leluhur yang sekarang berada di Israel.

     

    Namun Israel mengatakan kelompok militan Hamas, yang mendominasi Gaza, sedang melakukan unjukrasa untuk melancarkan serangan.

     

    Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres meminta semua pihak untuk "menghindari konfrontasi dan menahan diri maksimum" setelah 16 orang terbunuh dan ratusan lainnya terluka selama kerusuhan serupa seminggu yang lalu.

     

    Siapa Hamas?

    Wilayah Garis waktu

    Tumpukan ban dibakar dalam upaya untuk menciptakan tabir asap untuk memblokir pandangan penembak jitu Israel, ketika ribuan pengunjuk rasa berkumpul di lima lokasi di sepanjang 65 km-panjang (40 mil) perbatasan Israel-Gaza untuk protes segar pada hari Jumat.

     

    Hak cipta gambar REUTERS

    Keterangan gambar

    Militer Israel mengatakan para pengunjuk rasa melempar batu dan bom ke pasukannya

    "Israel mengambil segala sesuatu dari kami, tanah air, kebebasan, masa depan kami," kata pengunjuk rasa 27 tahun Samer kepada kantor berita Reuters. "Saya punya dua anak - laki-laki dan perempuan - dan jika saya mati, Tuhan akan merawat mereka."

     

    Para pengunjuk rasa melemparkan batu dan bom api ke pasukan yang dikerahkan di tanggul di sisi perbatasan Israel, kata militer Israel, dan beberapa upaya dilakukan untuk menerobos pagar perbatasan.

     

    "Pasukan kami menggunakan sarana penghancuran kerusuhan dan kebakaran hidup sesuai dengan aturan keterlibatan," tambahnya.

     

    Hak cipta gambar REUTERS

    Keterangan gambar

    Kementerian kesehatan Palestina mengatakan puluhan pengunjuk rasa terluka

    Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun termasuk di antara mereka yang tewas oleh tembakan Israel, dan bahwa lebih dari 1.300 orang lainnya terluka.

     

    Kematian pertama dilaporkan terjadi di timur Khan Yunis, di selatan wilayah itu.

     

    Radio Angkatan Darat Israel mengutip militer yang mengatakan sekelompok besar orang telah berusaha untuk bergegas pagar perbatasan dan bahwa pasukan telah melepaskan tembakan untuk menghentikan mereka.

     

    Keterangan gambar

    Palestina telah memasang lima kamp di dekat perbatasan untuk protes. Sumber: Haaretz

    Hamas dan kelompok-kelompok lain yang mengorganisir kampanye protes enam minggu, dijuluki the Great March of Return, mengatakan mereka secara damai menyerukan hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah yang mereka tinggalkan atau dipaksa pergi pada 1948, ketika Israel diciptakan.

     

    Pemerintah Israel telah lama mengesampingkan hak untuk kembali dan mengatakan teroris menggunakan penutup protes untuk mencoba menyeberang secara ilegal ke wilayahnya.

     

    Palestina mengatakan pengunjuk rasa tidak bersenjata ditembak pekan lalu ketika tidak menimbulkan ancaman, dan PBB dan Uni Eropa telah menyerukan penyelidikan independen.

     

    Hak cipta gambarAFP

    Keterangan gambar

    Tentara Israel dikerahkan di tanggul di sisi Israel perbatasan

    Seorang juru bicara untuk komisioner tinggi PBB untuk hak asasi manusia memperingatkan bahwa, berdasarkan hukum internasional, senjata api hanya dapat digunakan dalam kasus-kasus kebutuhan ekstrim, sebagai upaya terakhir dan sebagai tanggapan atas ancaman kematian yang akan segera terjadi atau risiko cedera serius.

     

    Kelompok hak asasi manusia Israel B'Tselem menyerukan kepada tentara Israel untuk menolak melepaskan tembakan ke arah demonstran yang tidak bersenjata.

     

    AS menyalahkan para pemimpin Palestina "yang menyerukan kekerasan atau yang mengirim pengunjuk rasa - termasuk anak-anak - ke pagar, mengetahui bahwa mereka mungkin terluka atau terbunuh".

     

    Hak cipta gambarAFP

    Keterangan gambar

    Para pengunjuk rasa menuntut agar para pengungsi Palestina diberi hak untuk kembali

    Kementerian luar negeri Israel mengatakan sebagian besar korban tewas pekan lalu adalah anggota Hamas, yang ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Israel, AS dan UE.

     

    Hamas telah mengakui bahwa beberapa anggota sayap militernya, tetapi mengatakan mereka memprotes "berdampingan dengan orang-orang mereka".

     

    Kelompok itu mengatakan akan  $ 3.000 agen bola mix parlay kepada keluarga siapa saja yang ditembak mati oleh pasukan Israel di protes.

     

    Pejabat Hamas Mohammed Thuraya membantah kelompok itu meletakkan "label harga" pada korban. "Ini adalah kewajiban kami kepada orang-orang kami, untuk meringankan penderitaan warga kami," katanya kepada New York Times.


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :